Nggak Rugi Berbuat Baik

by : Wahyudin Subuh

"Sebenarnya, berbuat baik sama orang itu justru berbuat baik sama diri sendiri. Karena kita akan menuai apa yang kita panen."

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ungkapan ini nampaknya menjadi motor dalam hidup seorang Wahyudin, ‘mantan’ pemulung yang kini bergelar doktor. Tak heran, selama perjalanan hidupnya, ia tak berhenti menyebarkan kebaikan hingga akhirnya ia bisa membantu banyak anak yatim, janda serta lansia memiliki hidup yang lebih baik.

“Agama menganjurkan kita untuk menyayangi anak yatim dan janda-janda, jadi itu yang saya lakukan.” terang pria yang namanya mulai dikenal ketika salah satu media online mengangkat profilnya, pada 2013 lalu ini. “Mulai dari SMA, saya ngurus mereka. Lalu berkembang sampai sekarang.”

Semangat kebaikan ini berawal juga dari kehidupan pribadinya yang tidak bisa dibilang berkecukupan. Tapi ia tetap bersyukur. Ia justru melihat sekitarnya dan berpikir, ia dengan orang tua yang lengkap saja sulit untuk sekolah, apalagi yang sudah kehilangan orang tuanya.

Kebaikan itu memang menular, dan perjuangan Wahyudin mampu menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa. Kini, ia tak sendiri lagi, melainkan dibantu oleh teman-teman  merupakan teman-teman semasa sekolah dan tetangga sekitar rumah untuk terus menyebarkan semangat kebaikan.

“Konsep kami ini, 24/7 non stop untuk nolong orang. Tiap karyawan ada tugas masing-masing. Misal, dari jam 7 malam hingga jam 7 pagi, ada yang tugasnya masak lalu bagiin sarapan. Lalu jam 6 pagi ada yang tugasnya keliling untuk ngecek, apakah ada yang sakit. Karyawan ini merupakan anak-anak yatim dan janda yang kita bantu juga,” ceritanya penuh semangat. “Kami nyebutnya, Yatim dan Janda Pejuang.”

Menurut Wahyudin, hal yang paling penting dalam hidup itu adalah untuk terus bersyukur apapun kondisi hidup kita. “Kalau berkecukupan ya bersyukur. Kalau kurang, ya jangan patah semangat. Kesempatan itu sama saja, yang beda ikhtiarnya saja.” tutupnya.

Bagaimana menurut Anda?