Berkorban Demi Masa Depan

by : Lia Karina Mansyur

"Prinsip aku dari dulu, jangan tergantung orang lain. Cewek harus punya target, jangan cuma ikutin arus."

Jangan tertipu sama penampilannya yang anggun dan manis, dara berhijab ini juara Tae Kwon Do! Perjalanannya menuju juara ini dimulai dari kecil. Berlatih setiap hari ia lakoni, meski banyak yang  meremehkan. Memang bukan mudah untuk berkomitmen pada satu hal, terutama di usia muda. Walau tak pernah mengalami masalah berarti ketika harus ‘bermain di dunia cowok.’

Ketika ia duduk di bangku SMP, ia memutuskan untuk berhijab. Keputusan ini sempat membuatnya dihujani banyak pertanyaan, mulai dari, “nggak gerah?” hingga, “kamu cantikan nggak pakai hijab.” Namun ia tak ambil pusing. “Itu sih, didemin aja. Ya abis mau gimana?” katanya sambil tertawa.

“Awal-awal pakai hijab itu, perlu penyesuaian banget. Tapi saya jalan terus, akhirnya dipanggil ke timnas,” cerita cewek yang bercita-cita untuk menjadi pelatih tim nasional ini. “Latihan tambah berat, ya dijalanin saja.”

Buat Lia, tiap halangan itu dijadikan tantangan untuk memacunya jadi lebih baik lagi. Kerja kerasnya membuahkan hasil. Kerja keras yang awalnya sempat membuat banyak orang geleng kepala, karena dianggap menyia-nyiakan masa muda.

“Prinsip aku dari dulu, jangan tergantung orang lain. Sejak SMP, aku sudah mandiri, sudah punya target dan sudah tahu, passion aku ke mana,” ceritanya berapi-api. “Cewek itu harus punya target, jangan cuma ikut arus.”

Di bulan Ramadan, rutinitasnya tak berubah. Porsi latihan tetap sama. “Kita dapat libur 3 hari pertama doang. Hari ke-4 mulai latihan lagi dan latihannya berat banget. Sampai muntah dan akhirnya batal.” tutupnya.

Bagaimana menurut Anda?